Back again with me :p
Oookkaayy, kali ini gue bakal bahas tentang "How Can I Fight Mental Breakdown?". Siapa yang disini pernah ngalamin mental breakdown juga kaya gue? kayaknya mostly umur 20an gasih pernah ngerasain ini? atau ada yang dibawah 20? kalo sampe ada, please let me know/komen di postingan ini ya. Siapa tau kita bisa sharing-sharing gituuuu, soalnya jarang-jarang ada yang pernah ngerasain mental breakdown di bawah umur 20 tahunan gitu...
Langsung aja kali yaaaa
First time gue ngerasain mental breakdown itu tahun 2017, dan itu waktu juga lagi zaman-zamannya gue kuliah tuhh, gila baru awal semester aja udah kena mental breakdown hahahaha... Tapi ini bukan karena permasalahan gue capek karena kuliah si, 2017 itu menurut gue tahun terberat, terjahat, tercapek, terlelah yang gue alami. Sempet di tahun 2021 juga gue hampir mengalami mental breakdown ini.
Btw disclaimer, bagi yang belum tau arti mental breakdown coba search di mbah gugel aja ya guys.. kalo gue jelasin disini takutnya kepanjangan, dan takutnya banyak yang salah paham juga.
Tahun 2017 tuh parah banget menurut gue, gue pernah ngerasa gapunya siapa-siapa. Padahal temen ada, dan banyak yang care juga.. tapi gatau kenapa waktu itu gue kesambet apa ya gue ngerasa menyendiri aja gitu.. di tahun 2017 itu juga tahun kedua gue bekerja. Awal gue kerja di tahun 2016 soalnya, terus kerjaan gue saat itu makin bertambah jobdesk nya, cuma gaji ya tetep aja segitu-segiu doangggg. Maklum dulu gue masih bocil yang mungkin bisa di bego-begoin sama bos gue kali ya hahahaha. Nah gue tuh gatau ya mental breakdown ini kaya tiba-tiba dateng aja gitu ke gue, gue yang awalnya periang banget orangnya, tiba-tiba kaya pendiem gamau diganggu sama siapa pun. Disitu gue kerja kaya "kerjaan lo ya lo yang kerjain lah, ngapain minta bantuan gue?" segitu egoisnya gue guys sumpah jelek banget sifat gue. Terus gue selalu ngerasa takut, gatau takut karena apa tapi ngerasa kaya takut gue kehilangan orang-orang sekitar gue yang gue sayang gitu. Gue juga gampang baper banget, orang ngomong salah dikit, gue ngocehnya bikin mereka tuh sakit hati. Gue bingung sih itu mental breakdown atau emang gue kesurupan apa gimana ga ngert :( tapi itu gue alami selama 5 bulan kalau ga salah ya...
Terus waktu masa-masa kuliah juga gue bener-bener ngerasa capek bangetttt aja gituuu, mungkin kalo ini emang awalnya karena gue kaget kali ya? gue pertama kali ngerasain yang namanya kerja sambil kuliah juga disitu. Gue sempet mikir sebelumnya, apa gue ga harus kuliah ya? gue kerja aja cari duit yang banyak, biar cepet kaya dan bisa bahagiain keluarga gue gitu... Tapi disisi lain, nyokap gue tuh ngedukung banget buat kuliah, karena nyokap gue mikir, daripada cuma nabung duit terus gue jajan gajelas mending uang yang jajan gajelas itu dipake buat kuliah.
Balik lagi, gue bener-bener gapernah ada rasa sedikit pun mau kuliah hahahaha. Why? karena ya ini salah satu ketakutan gue, gue takut stress dan ngerasa anxiety gitu. Tapi karena gue tuh gapernah mau ngecewain orang tua gue, dan gue selalu nurut apapun yang mereka mau, bukan cuma karena gue ngerasa punya hak untuk bisa menolak apa yang mereka mau (maksudnya seorang anak ya punya hak juga untuk memilih mau kuliah atau engga) ga kaya gitu ya guys. Apapun yang orang tua gue mau tanpa mereka paksa gue pun ya gue harus tetep mau, gimana pun caranya gue harus bahagiain mereka.
Terkadang gue juga sedih banyak yang bilang kaya "ngapain sih kuliah? kuliah ga kuliah juga sama aja. Ada yang selesai kuliah malah susah nyari kerja" gila disitu gue makin anxiety dong mau kuliah apa engga. Tapi terlepas dari omongan-omongan itu semua, dan setelah gue pikir-pikir gue akhirnya memutuskan untuk kuliah (finally).
Seiring berjalannya waktu, inget banget gue masuk kuliah tuh bulan september. Terus bulan novembernya disitu gue udah mulai nangis-nangis, aneh banget gak sih???:((Karena waktu itu gue kerja dari hari senin-sabtu, kerjanya tuh di perusahaan catering gitu yang which is ada menu makan siang dan malam, dan gue tuh kerja bagian operasional. Jadi gue mesti tau gimana kondisi makanan itu even yang malem juga dong? sedangkan gue kuliah kelas karyawan yang mulainya tuh selalu di jam sekitar 6/7 malem tatap muka lagi, jadi kebayang kan lu kuliah sambil cek hp buat mastiin customer ada kendala apa terhadap makanan malemnya gitu-gitu deh.
Makin stress lah gueeee, btw kalo kalian ngerasa ini lebay it's okay guys gapapa.. karena gue pun menyadari hal ini di tahun 2018 gue ngerasa diri gue emang bener-bener lebay hahaha. Karena posisinya disitu gue belum bisa atur waktu antara kerjaan dan kuliah gue. Nextttt, mendekati akhir-akhir desember gue bener-bener udah ngerasain capek banget, tiap hari cuma bisa nangis dan ngeluh aja soal kerja dan kuliah. Selain nangis juga gue sempet mikir, udah deh gue mendingan kerja aja ga sanggup kerja sambil kuliah, gue mau nyerah aja.
Tapi gue gaberani ngomong sama nyokap gue, and guys kalo emang kalian gamau atau gabelajar untuk ngendaliin diri kalian soal time for your life, gue juga gamau maksa kalian untuk bisa ngatur waktu gitu ya... itu terserah kalian, tapi better kalian harus tau cara ngatur waktu, cause that's very important for yout life (really). Karena kalo orang udah gabisa atau gamau, bakalan susah juga buat kedepannya. Maka dari itu gue tetep gamau bilang ke nyokap, karena gue yakin gue bisa ngejananin ini semua meskipun gue rada gila sedikit waktu itu, dikamar tiap malem udah kaya orang gatau diri gitu deh serem (CAUSE I'M TAURUS), gue keras kepala hahahaha.
Okay back to story,
Pokoknya saat itu gue selalu ngerasain hal-hal kaya gitu deh, sampe sempet hampir hilang arah karena saking capeknya dan gue pernah kepikiran buat bunuh diri, coyyyy kalo di inget lagi gue rasanya pengen pukul diri gue, asliiii...
Masih di bulan november, gue akhirnya diracunin dan dikenalin lagi soal kpop sama temen gue.
Iyaa "lagi" jujur, dulu waktu SMP kelas 1 gue tuh sempet suka sama kpop dan se-addict itu. Ya walaupun sekarang juga masih addict sih hahahaha..
Nah temen gue nih kebetulan sahabat gue dari kecil, dan kita kerja bareng juga disitu (perusahaan catering itu), dia sempet ngeracunin gue kpop dan gue yup gue diracunin BTS sama dia hahahaha... Disitu sebenernya ternyata gue udh pernah tau BTS, cuma gue ga engeh kalo grup itu namanya BTS. Kalian tau kan acara musik Breakout yang ada di NET tv waktu itu? nah gue sempet tau lagu mereka yang fire hahaha, cuma disitu gue ga ngerasa atau sedikit pun gue kepo sama BTS.
Sampe pada akhirnya tiap hari gue dicekokin lagu-lagunya mereka sama temen gue itu, nah mendekati akhir november gue mulai cari tau deh tuh soal BTS.
Dannnnnn you know guys????
Gue cuma dengerin lagu-lagunya mereka, nontonin variety shownya mereka gitu-gitu, tiba-tiba gue balik jadi jati diri gue yang sebelumnya, yang selalu ceria, periang gitu-gitu. Please guys, jangan bawa-bawa ini ke agama ya.. selama gue ngerasa mental breakdown gue selalu shalat dan doa kokkk, mungkin gue cuma butuh orang yang mengerti gue di real life aja, karena orang-orang IRL tuh kadang suka ga ngertiin kita gitu, iya gasih??? dan gue ngerasa suka bosen aja sama orang-orang yang ada di RL.
Dari situ gue baru ngerasa kalo gue beneran butuh orang yang mengerti gue, dan hebatnya gue kan ga deket ataupun kenal sama BTS kan?? cuma nontonin mereka doang aja gitu, dan gue cuma selalu denger kata-kata mutiara para membernya, jadi gue ngerasa beda aja gitu, kaya ya ampunnnn ini sosok yang gue butuhkan di kehidupan gue yang burem iniiiiii hahahaha....
And yaaaa, gue ngerasa gue sembuh dari mental breakdown gue berkat mereka disitu.
Walaupun waktu bulan desember akhir mendekati tahun baru, mental breakdown gue sempet balik lagi tapi ga separah yang sebelum-sebelumnya ini. Disitu gue cuma gamau deket sama siapa-siapa karena gue cuma mau sendiri aja. Gue tuh kalo udah stress banget gabakalan mau diganggu sama siapapun, gue cuma mau menyendiri aja dan nanti ujung-ujungnya gue ngerasa gaada yang mau temenin gue atau temen gue gaada yang peduli sama gue, padahal itu salah gue sendiri. Segila itu emang gue hahahaha...
Tapi intinya ga separah sebelumnya deh...
Gue sangat berterima kasih sama Allah SWT, inget ya guys kekuatan shalat sama doa itu juga luar biasa Masya Allah dahsyatnya sepengaruh itu.
Jadi menurut gue, pesan yang mau gue sampaikan disini tuh sebenernya ada beberapa yang harus perlu kalian garis bawahi. Kalau kalian lagi ngerasa mental breakdown atau anxiety please banget jangan takut untuk cerita ya guys...
Karena kalian tuh pasti butuh seseorang yang mengerti kalian, dan sebenernya apa yang kalian rasain tuh gabutuh saran dari orang lain, kalaupun kalian dapet saran yang baik dan diterima baik juga sama diri kalian itu cuma bonus. Selebihnya kalian tuh cuma pengen keluh kesah kalian tuh hilang aja dengan cara semua yang kalian rasain bisa orang lain rasain juga gituu, pasti deh..
Dan gue tuh tipe orang yang kalo orang lain punya masalah, gue gapernah mau kasih masukkan dulu ke mereka, karena apa? percuma kita tuh capek-capek ya kasih masukkan yang terbaik, ujung-ujungnya mereka gamau dengerin apa yang kita sarankan gitu loh...
Jadi better kita jadi mediator aja, saat orang punya masalah kita cukup dengerin dengan baik. Even mereka butuh atau engga butuh saran dari kita, kita juga perlu tanya ke mereka apakah saran yang kita berikan dapat diterima baik sama mereka.
Pengalaman mental breakdown ini juga gue jadiin pengalaman yang terbaik versi diri gue, karena sebenernya dari mental breakdown ini juga kita tuh bisa belajar, bagaimana perubahan dan apa aja tindakan waktu itu yang bisa buat kita sembuh. Karena kalo orang lain ngerasain mental breakdown kaya gini, kita yang pernah ngerasain juga udah paham. Tapi kalo kita gatau apa-apa atau gapernah ngerasain, terus sok-sokan mau kasih saran yang terbaik buat mereka yang lagi ngalamin mental breakdown, yang ada mereka gabakal sembuh. Yagasih?
Dan kalian juga perlu inget ya guys, kita tuh hidup cuma sekali. Kalau hidup kita cuma bisa nyusahin orang-orang terdekat aja, gimana caranya kita bisa hidup bahagia di akhirat atau alam lain nanti? mati disaat yang gabener kaya gini pun tuhan juga males kayaknya ngeladenin kita. Jadi better kalaupun gabisa ngebahagiain orang-orang terdekat kita, paling engga bahagiain diri sendiri dulu bisa kan ya? jangan ngerasa gamampu atau gabisa ya guyss, inget !! tuhan gaakan ngasih kita masalah diluar dari kemampuan kita ya guys. Gue tau kata-kata itu udah sering banget kalian denger, tapi memang itu kenyataan adanya.
Point yang gue buat, : "Ceriamu adalah Inspirasimu, Sedihmu adalah Keterpurukanmu"
Makasih banyak ya guyztt udah mau baca pengalaman mental breakdown gue ini, sorry banget kalau ada beberapa part yang ga nyambung atau salah perkataan. Karena gue gapengen blog gue ini terlalu panjang banget takutnya kalian bosen dan males juga liatnya hahahaha.
Next bahas apa lagi ya?????
Tunggu aja ya guyzztt... See yaa^^
Sumber pict 1 : Sumber : Kompas & (PIXABAY/VICTORIA_BORODINOVA)
Sumber pict 2 : Merdeka.com > Ilustrasi Stress
Komentar
Posting Komentar